Wednesday, October 1, 2014

Agar Puting Tidak Sakit Saat Menyusui, Lakukanlah Beberapa hal ini

Agar Puting Tidak Sakit Saat Menyusui, alatipsehat.blogspot.com
Agar Puting Tidak Sakit Saat Menyusui,
Mempunyai Anak yang sehat adalah kebahagiaan dari pasangan yang baru memiliki momongan. Banyak hal yang disiapkan untuk menyambut kedatangan anak pertama. Baju Anak, Mainan dan masih banyak lagi. salah satu hal yang dipersiapkan oleh seorang ibu tentunya ASI yang baik. Namun tidak sedikit ibu yang mengeluh karena putingnya terasa sakit saat pertama kali menyusui.
Hal ini tentu saja wajar, namun sebaiknya Seorang Calon Ibu belajar tentang ASI dan menyusui terlebih dahulu saat Hamil karena menyusui pada prinsipnya tidak menimbulkan rasa sakit pada Aerola. berikut beberapa hal  yang bisa diketahui oleh seorang calon ibu :
  1. Pada saat menyusui usahakanlah dagu bayi dan payudara ibu menempel agar posisi bayi benar benar dekat dengan Aerola. menurut dr Edi S Tehuteru SpA(K), MHA, IBCLC dikatakan bahwa Prinsipnya ibu dan anak harus sama-sama nyaman. Dagu bayi dan payudara ibu menempel. Lalu buat mulut bayi terbuka selebar-lebarnya, bibirnya pun dalam keadaan terbalik (monyong) setelah itu masukkan aerola sebanyak-banyak ke mulut bayi.
  2. Seorang bayi menyusui dengan menggunakan lidahnya, maka usahakanlah agar aerola dapat masuk sebanyak banyaknya kedalam mulut bayi. ini disarankan agar puting terletak di antara langit-langit mulut bayi yang lunak dan keras sehingga lecet dapat dihindari.
  3. perlu diperhatikan juga apabila pipi bayi kempot. ini berarti posisi saat menyusui tidak pas. 
  4. Apabila anda akan menyusui dengan payudara kanan, maka terapkan posisi cross cradle dan usahakan siku ibu untuk tidak terlalu menekan ke kepala bayi agar bayi bisa menelan susu dengan lancar. 

0 comments:

Post a Comment